Ekstra Kurikuler dan OSIS

Lilis Sri Banowati, S.Pd
Pengertian OSIS, Fungsi OSIS, Tujuan OSIS, Dan Tugas OSIS

Pengertian OSIS sebaiknya dipahami dengan baik oleh semua siswa sekolah. OSIS merupakan kependekan dari Organisasi Siswa Intra Sekolah. Organisasi ini berada di tingkat sekolah dan dibentuk di sekolah menengah yaitu SMP dan SMA. Organisasi ini menjadi wadah berkumpulnya para siswa untuk mencapai tujuan tertentu.

Sambutan OSIS SPENSAGA bagi Siswa Baru :



Fungsi OSIS

Organisasi ini terdiri dari susunan kepanitian yang terdiri dari ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara, kemudian seksi-seksi lainnya. Setiap jabatan di dalam OSIS memiliki tugas masing-masing. Kepengurusan OSIS memiliki masa kerja yang terbatas yaitu selama satu tahun dan akan diperbaharui lagi.

OSIS juga bisa berfungsi sebagai pencegah. Pencegah di sini maksudnya adalah mencegah munculnya pengaruh negatif pada siswa. Dengan adanya OSIS maka siswa bisa memiliki kegiatan yang positif yang bisa memaksimalkan kemampuan dan kreativitas mereka.

Tujuan OSIS

Apa sebenarnya tujuan OSIS? Mari kita lihat lagi pengertian OSIS, OSIS merupakan organisasi intra sekolah yang artinya organisasi ini dibentuk di dalam sekolah, beranggotakan siswa di sekolah, dibina oleh guru di sekolah, dan bekerja demi kebaikan sekolah.

OSIS bertujuan memfasilitasi para siswa untuk menyalurkan aspirasinya, mengekspresikan kreativitasnya, dan berkontribusi untuk hal-hal yang positif. OSIS memiliki tujuan yang positif bagi seluruh siswa di sekolah yang artinya akan memberikan pengaruh positif juga bagi sekolah itu sendiri.
Selain itu, ada lagi tujuan OSIS yang perlu Kamu tahu. OSIS bertujuan memaksimalkan potensi siswanya sehingga bisa meraih prestasi yang membanggakan diri juga sekolah. Selain itu, OSIS juga bertujuan untuk melatih keterampilan siswa dalam bersosialisasi dan berorganisasi.

Tugas OSIS

Lantas tugas apa sebenarnya yang harus dijalankan oleh OSIS? OSIS bertugas untuk mengendalikan aktivitas siswanya sehingga lebih terarah dan lebih positif. Selain itu, semua orang yang terlibat dalam kepengurusan OSIS juga memiliki tugas masing-masing yang spesifik sesuai dengan jabatan yang dibagikan.
Setiap orang yang terlibat di dalam kepengurusan OSIS memiliki tugas masing-masing yang harus dijalankan. Selain semua siswa yang terlibat dalam kepengurusan OSIS, ada pembina yang bertugas untuk mengawasi jalannya kepengurusan OSIS. Salah satu guru akan dipilih untuk menjadi pembina dan mengawasi jalannya OSIS.


Itulah tadi sedikit informasi seputar pengertian OSIS, fungsi OSIS, tujuan OSIS, dan tugas OSIS. Ada begitu banyak manfaat yang bisa Kamu dapatkan kalau Kamu bergabung dengan kepengurusan OSIS. Paling tidak, Kamu harus pernah memiliki pengalaman bergabung dengan OSIS walaupun hanya dalam satu periode.

Dokumentasi Kenangan Kegiatan OSIS SPENSAGA :




Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Jenis-jenis Ekstrakurikuler

Apa itu Ekstrakurikuler?
Kegiatan ekstrakurikuler atau ekskul adalah kegiatan tambahan yang dilakukan di luar jam pelajaran yang dilakukan baik di sekolah atau di luar sekolah dengan tujuan untuk mendapatkan tambahan pengetahuan, keterampilan dan wawasan serta membantu membentuk karakter peserta didik sesuai dengan minat dan bakat masing-masing.


Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 060/U/1993 dan Nomor 080/U/1993, kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan yang diselenggarakan di luar jam pelajaran yang tercantum dalam susunan program sesuai dengan keadaan dan kebutuhan sekolah, dan dirancang secara khusus agar sesuai dengan faktor minat dan bakat siswa.



Sedangkan menurut Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 39 Tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan, kegiatan ekstrakurikuler merupakan salah satu jalur pembinaan kesiswaan. Kegiatan ekstrakurikuler yang diikuti dan dilaksanakan oleh siswa baik di sekolah maupun di luar sekolah, bertujuan agar siswa dapat memperkaya dan memperluas diri.

Berikut beberapa pengertian kegiatan ekstrakurikuler dari beberapa sumber buku:



ü  Menurut Lutan (1986:72), ekstrakurikuler merupakan bagian internal dari proses belajar yang menekankan pada pemenuhan kebutuhan anak didik. Antara kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler sesungguhnya tidak dapat dipisahkan, bahkan kegiatan ekstrakurikuler perpanjangan pelengkap atau penguat kegiatan intrakurikuler untuk menyalurkan bakat atau pendorong perkembangan potensi anak didik mencapai taraf maksimum.

ü  Menurut Suryosubroto (1997:271), ekstrakurikuler adalah kegiatan belajar yang dilakukan di luar jam pelajaran tatap muka, dilaksanakan di sekolah atau di luar sekolah untuk memperluas wawasan atau kemampuan yang telah dipelajari dari berbagai mata pelajaran.

ü  Menurut Usman dan Setyowati (1993:22), ekstrakurikuler adalah kegiatan yang dilakukan di luar jam pelajaran baik dilaksanakan di sekolah maupun di luar sekolah dengan maksud untuk lebih memperkaya dan memperluas wawasan pengetahuan dan kemampuan yang telah di miliki siswa dari berbagai bidang studi.


Fungsi dan Tujuan Ekstrakurikuler

Fungsi kegiatan ekstrakurikuler adalah untuk mengembangkan kemampuan potensi dan rasa tanggung jawab memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memperluas pengalaman sosial dalam kesiapan karir peserta didik melalui pengembangan kapasitas. Menurut Aqip dan Sujak (2011:68), terdapat empat fungsi kegiatan ekstrakurikuler pada satuan pendidikan, yaitu: pengembangan, sosial, rekreatif, dan persiapan karir.

Fungsi pengembangan, yakni bahwa kegiatan ekstrakurikuler berfungsi untuk mendukung perkembangan personal peserta didik melalui perluasan minat, pengembangan potensi, dan pemberian kesempatan untuk pembentukan karakter dan pelatihan kepemimpinan.

Fungsi sosial, yakni bahwa kegiatan ekstrakurikuler berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan rasa tanggung jawab memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memperluas pengalaman sosial, praktik keterampilan sosial, dan internalisasi nilai moral dan nilai sosial.
Fungsi rekreatif, yakni bahwa kegiatan ekstrakurikuler dilakukan dalam suasana rilek, menggembirakan, dan menyenangkan sehingga menunjang proses perkembangan peserta didik. Kegiatan ekstrakulikuler harus dapat menjadikan kehidupan atau atmosfer sekolah lebih menantang dan lebih menarik bagi peserta didik.

Fungsi persiapan karir, yakni bahwa kegiatan ekstrakurikuler berfungsi untuk mengembangkan kesiapan karir peserta didik melalui pengembangan kapasitas.
Menurut Nasrudin (2010:12), kegiatan ekstrakurikuler memiliki tujuan berikut.

Siswa dapat memperdalam dan memperluas pengetahuan keterampilan mengenai hubungan antara berbagai mata pelajaran, menyalurkan bakat dan minat, serta melengkapi upaya pembinaan manusia seutuhnya yang: a) Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. b) Berbudi pekerti luhur. c) Memiliki pengetahuan dan keterampilan. d) Sehat rohani dan jasmani. e) Berkepribadian yang mantap dan mandiri. f) Memiliki rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.

Siswa mampu memanfaatkan pendidikan kepribadian serta mengaitkan pengetahuan yang diperolehnya dalam program kurikulum dengan kebutuhan dan keadaan lingkungan.

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 39 Tahun 2008 tentang pembinaan kesiswaan, kegiatan ekstrakurikuler memiliki tujuan sebagai berikut.

1. Mengembangkan potensi siswa secara optimal dan terpadu yang meliputi bakat, minat, dan kreativitas.


2. Memantapkan kepribadian siswa untuk mewujudkan ketahanan sekolah sebagai lingkungan pendidikan sehingga terhindar dari usaha dari pengaruh negatif dan bertentangan dengan tujuan pendidikan.

3. Mengaktualisasi potensi siswa dalam pencapaian potensi unggulan sesuai bakat dan minat.
Menyiapkan siswa agar menjadi warga masyarakat yang berakhlak mulia, demokratis, menghormati hak-hak asasi manusia dalam rangka mewujudkan masyarakat mandiri (civil society).


Jenis-jenis Kegiatan Ekstrakurikuler

Menurut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum, berdasarkan pilihannya terdapat dua jenis kegiatan ekstrakurikuler, yaitu:
Ekstrakurikuler wajib, merupakan program ekstrakurikuler yang harus diikuti oleh seluruh peserta didik, terkecuali bagi peserta didik dengan kondisi tertentu yang tidak memungkinkannya untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tersebut.

Ekstrakurikuler pilihan, merupakan program pilihan ekstrakurikuler yang dapat diikuti oleh peserta didik sesuai dengan minat bakat dan minatnya masing-masing.
Menurut Suryosubroto (1997:272), berdasarkan waktu pelaksananya kegiatan ekstrakurikuler dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

Ekstrakurikuler rutin, yaitu bentuk kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan secara terus menerus, seperti : latihan bola voli, latihan sepak bola dan sebagainya.

Ekstrakurikuler periodik, yaitu bentuk kegiatan yang dilaksanakan pada waktu-waktu tertentu saja, seperti lintas alam, camping, pertandingan olah raga dan sebagainya.

Menurut Permendikbud No. 81A Tahun 2013, terdapat beberapa jenis kegiatan ekstrakurikuler, yaitu:
Krida. Kepramukaan, Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa, Palang Merah Remaja (PMR), Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) dan lainnya.

Karya ilmiah. Kegiatan Ilmiah Remaja (KIR), Kegiatan Penguasaan Keilmuan dan kemampuan akademik, penelitian dan sebagainya.
Latihan/olah bakat/prestasi. Pengembangan bakat olahraga, seni dan budaya, cinta alam, jurnalistik, teater, keagamaan, dan lainnya.

UPTD SMPN 1 Blega memiliki beberpa ekstra kurikuler unggulan :


KLIK DISINI UNTUK MENUJU EKTRAKURIKULER UNGGULAN


EEEIITTTTTTT.....YUK JANGAN LUPA LIHAT DULU :)

Dokumentasi kegiatan ekskul :

PRAMUKA >>>>>>>

KARAT>>>>>>>>>>>


VOLLY >>>>>>>>>>



SCIENCE EXPEDITION LEANING>>>>>>



Daftar Pustaka
Suryosubroto, B.1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Usman, M. Uzar dan Setyowati, Lilis. 1993. Upaya Optimalisasi kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: Posdakarya.
Aqip, Zainal dan Sujak. 2011. Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter. Bandung: Yrama Widya.
Lutan, Rusli. 1986. Pengelolaan Interaksi belajar mengajar intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler. Jakarta: Universitas Terbuka.
Nasrudin, Roni. 2010. Pengaruh Partisipasi Siswa Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Terhadap Motif Berprestasi Siswa SMK N 2 Garut. Bandung: UPI Bandung.


Comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Semoga murid mampu untuk menyimak dan mengikuti semua apa yg digambarkan / dijelaskan oleh guru2 pembibing /pengajar .. Insya'Allah.. Salam Spensaga ” Iam possibel "

    ReplyDelete
  3. @Nayla Safinatin Najah
    Z011

    Kesimpulan:
    OSIS merupakan organisasi disekolah yang bertujuan untuk menjadi intra sekolah . OSIS merupakan tanggung jawab yg besar. OSIS dapat melatih diri kita menjadi mandiri ,disiplin ,berkarakter dan tangguh dalam segala hal

    #Salam SPENSAGA "Iam Possible"

    ReplyDelete
  4. NAMA:Nauval Mauridhony Syaifulah
    no. :052
    kita harus mematuhi peraturan yang di beri osis

    ReplyDelete
  5. Nama.farah alisya mumtaz
    No.044
    OSIS adalah sebuah tanggung jawab yg besar OSIS membuat kita mengerti apa artinya mandiri . Salam spensaga.IAM POSSIBLE

    ReplyDelete
  6. Nama : Mohammad Sobrun Jamil
    No peserta : 078


    #Salam SPENSAGA "Iam Possible"

    ReplyDelete
  7. Nama : Reyhan Sujadmiko
    No : 084
    #SPENSAGA "Iam Possible"

    ReplyDelete
  8. OSIS bisa berfungsi sebagai pencegah.
    Setiap jabatan di dalam OSIS memiliki tugas masing masing.

    ReplyDelete
  9. Dewi Adelia
    03

    Salam SPENSAGA
    " Iam Possible"

    ReplyDelete
  10. Nama : Moh Farhat aldyba akbar
    No: z-004

    ReplyDelete
  11. Nama:Kevin raditya pratama ramadhan
    No:Z-075

    ReplyDelete
  12. Nama:Ramadana Hidayatullah
    No:082
    #Salam SPENSAGA "Iam Possible" SEMANGAT.

    ReplyDelete
  13. Nama:Roihanul Firdausyah
    No:013
    Kegiatan ekstrakulikuler harus dapat menjadikan kehidupan atau atmosfer sekolah lebih menantang dan lebih menarik bagi peserta didik.
    #Salam Spensaga "Iam Posibble"

    ReplyDelete
  14. NamaRNama:Hansah Oktaviano
    No:085

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama:Roy Hansah Oktaviano
      No:085

      Delete
  15. nama:mohammad shohebun nabil
    no.006
    salam olahraga spensaga

    ReplyDelete
  16. Nama; Muhamad Arifin
    No;A-004
    Salam SPENSAGA "Iam Possible" SEMANGAT.


    ReplyDelete
  17. Nama:Naura ayu shabira Hermanto
    No:Z-022
    Kesimpulan:
    Osis merupakan organisasi di sekolah yang bertujuan untuk menjadi intra sekolah.osis merupakan tanggung jawab yang besar.osis dapat melatih diri kita menjadi mandiri, disiplin, berkarakter, dan tangguh dalam segala hal

    ReplyDelete
  18. OSIS dan Ekskul Spensaga menjadi wadah bagi siswa siswi untuk mengembangkan bakat dan kemampuan
    -Muhammad Yusron 016-

    ReplyDelete
  19. Nama Rama
    No. 065
    Osis berfungsi sebagai pendorong berkembangnya kemampuan dan kreatifitas siswa
    Osis juga berfungsi sebagai pencegah siswa, maksudnya mencegah muncul pengaruh negatif pada diri siswa

    ReplyDelete
  20. Nama:Azza nisrina
    No:071
    #Salam spensaga 'Iam possible, semangat

    ReplyDelete
  21. Hikmatul Laily agustin
    No:A 001
    Kesimpulan
    OSIS Sangat penting bagi anak sekolah karna dapat melatih kita menjadi orang yang mandiri, bertanggung jawab, disiplin dan berkarakter yang tangguh dalam segala hal.dengan adanya OSIS dapat menjadikan siswa sebagai siswa yang berprestasi.
    #salam SPENSAGA "Iam possible

    ReplyDelete
  22. Nama: MOCH RIZKI ZULFIADI
    No: 077

    ReplyDelete
  23. Nama: MOCH RIZKI ZULFIADI
    No: 077

    ReplyDelete
  24. Nama:ZAKI HASBIYALLOH ARROIHAN
    NO:Z014
    Dengan adanya oses dapet meningkatkan rasa kedisiplinan
    Dan tanggungkawab yang adapada diri siswa masing masing

    ReplyDelete
  25. Nama:nurul lailatul rohmania
    No:Z-018

    ReplyDelete
  26. Nama amrina rosada.nmr 063
    Osis.oragnisasi berkumpulnya para siswa untuk mencapai tujuan .
    Osis.organisasi ini terdiri dr susnan kepanitiaan ketua.wakil ktua.skertaris.bendahara kemudian seksi2lainnga

    ReplyDelete
  27. Nama : Sarifa Rodiyah
    No peserta : 041
    Dengan adanya ekstra kurikuler dan OSIS siswa siswi bisa memanfaatkan waktu luang dengan hal yang baik
    #SALAMSPENSAGA"IAM POSSIBLE"

    ReplyDelete
  28. Nama amrina rosada.nmr 063
    Osis.oragnisasi berkumpulnya para siswa untuk mencapai tujuan .
    Osis.organisasi ini terdiri dr susnan kepanitiaan ketua.wakil ktua.skertaris.bendahara kemudian seksi2lainnga

    ReplyDelete
  29. Nama: Rayhan Naendra Faisal Putra
    Nomer: Z-083

    ReplyDelete
  30. NAMA:Moh tri aditya farel tc
    O.005
    Osis merupakan salahsatu organisasi intra sekolah yang memiliki tujuan bersama dalam mewujudkan suatu tujuannya

    ReplyDelete
  31. Nama: AHMAT AINUL YAQIN
    No:2040
    OSIS adalah sebuah tanggung jawab yg besar OSIS membuat kita mengerti apa artinya mandiri .
    Salam spensaga.
    IAM POSSIBLE

    ReplyDelete
  32. Nama : Faizal Muharram
    No : 0002
    Osis merupakan langkah awal untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab & menumbuhkan jiwa kemimpinan siswa

    ReplyDelete
  33. Nama : Prima Juliansyah.
    No : 006.
    Dgn OSIS dapat melatih siswa untuk bertanggung jawab dan bekerja sama dg siswa yg lain .sedangkan dg adanya ekskul dapat mengembangkan bakat bg siswa.

    ReplyDelete
  34. Nama: Masyito Robiatul Adawiyah
    No:O_007

    ReplyDelete
  35. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  36. NAMA: FARAHATUL LAILA
    NO:058
    Osis merupakan tangggung jawab yang besar untuk melakukan kegiatan extra kurikuler
    #Iam possible"

    ReplyDelete
  37. Nama : wardatun ula
    No :Z-086

    ReplyDelete
  38. Nama : wardatun ula
    No: Z-086

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts