Analisis Ulangan Harian


image: blog.questionmark.com

Oleh: Achmad Taufiqurrohman


Apa sih Analisis Ulangan Harian itu?

Analisis Ulangan Harian merupakan sebuah analisa terhadap hasil suatu ulangan (penilaian) siswa yang menampilkan gambaran utuh mengenai tingkat pencapaian siswa tehadap suatu kompetensi (baca: materi). Dari sebuah analisis ulangan harian baik guru maupun siswa dapat melihat apakah siswa pelu remidi (mengulang) atau tidak (untuk selanjutnya mendapat materi pengayaan), berapa persen tingkat penguasaan siswa dalam sebuah kelas, dan soal mana saja yang sulit atau yang mudah bagi siswa atau dalam bahasa guru indikator mana yang sulit dicapai atau mudah dicapai oleh siswa.


Bagi seorang guru, makna sebuah analisis ulangan harian tidak berhenti disitu saja. Deretan angka analisis tersebut dapat bermakna sejauh mana keberhasilan dia dalam mengajar. Bila hasilnya kurang memuaskan, itu mengindikasikan bahwa dia haruslah memperbaiki desain pembelajarannya, entah itu pendekatan, model, metode, media,  strategi pembelajarannya, atau sekedar memperbaiki butir-butir soal melalui analisa lanjutan yang dikenal dengan Analisis Butir Soal.

Nah disinilah profesionalisme seorang guru mendapatkan tempat untuk ditunjukkan. Profesi guru sama sekali tidak mengenal adanya siswa tidak mampu (baca: bodoh). Profesi ini memandang bahwa siswa adalah sebuah entitas individu yang berkehendak secara bebas. Kenyataan adanya siswa pintar dan tidak pintar oleh profesi ini hanyalah dimaknai  sebagai suatu heterogenitas kecerdasan, yang dapat disikapi dengan cara mendesain pembelajaran yang mengakomodir perbedaan-perbedaan kecerdasan itu dan merancang instrumen penilaian yang lebih baik. Dalam bahasa yang lebih sederhana, guru tidak berburuk sangka pada siswanya bila hasil ulangannya jeblok.

Bagi siswa, analisis ulangan harian mungkin hanya memberitahukan kepada mereka apakah ia remidi atau tidak. Namun bagi seorang guru, analisis tersebut merupakan awal dari banyak hal.



sumber



Comments