Bimbingan dan Konseling SPENSAGA

TIM BK


VIDEO SINGKAT PENGENALAN BK DAN LAYANAN  :




Saat ini bahaya dan dampak narkoba atau narkotika dan obat-obatan pada kehidupan dan kesehatan pecandu dan keluarganya semakin meresahkan.

Bagai dua sisi mata uang narkoba menjadi zat yang bisa memberikan manfaat dan juga merusak kesehatan. Seperti yang sudah diketahui, ada beberapa jenis obat-obatan yang termasuk ke dalam jenis narkoba yang digunakan untuk proses penyembuhan karena efeknya yang bisa menenangkan. Namun jika dipakai dalam dosis yang berlebih, bisa menyebabkan kecanduan. Penyalahgunaan ini mulanya karena si pemakai merasakan efek yang menyenangkan.

Dari sinilah muncul keinginan untuk terus menggunakan agar bisa mendapatkan ketenangan yang bersifat halusinasi. Meski dampak narkoba sudah diketahui oleh banyak orang, tetap saja tidak mengurangi jumlah pemakainya.

Bahaya narkoba hingga menjadi kecanduan tersebut memang bisa disembuhkan, namun akan lebih baik jika berhenti menggunakannya sesegera mungkin atau tidak memakai sama sekali.

Pengertian Narkoba (Narkotika dan Obat-obatan)
Narkotika adalah zat atau obat baik yang bersifat alamiah, sintetis, maupun semi sintetis yang menimbulkan efek penurunan kesadaran, halusinasi, serta daya rangsang.

Sementara menurut UU Narkotika pasal 1 ayat 1 menyatakan bahwa narkotika merupakan zat buatan atau pun yang berasal dari tanaman yang memberikan efek halusinasi, menurunnya kesadaran, serta menyebabkan kecanduan.

Obat-obatan tersebut dapat menimbulkan kecanduan jika pemakaiannya berlebihan. Pemanfaatan dari zat-zat itu adalah sebagai obat penghilang nyeri serta memberikan ketenangan. Penyalahgunaannya bisa terkena sanksi hukum. Untuk mengetahui apa saja jenis dan bahaya narkoba bagi kesehatan, simak ulasannya berikut ini.

Jenis-jenis Narkoba (Narkotika dan Obat-obatan)
Kandungan yang terdapat pada narkoba tersebut memang bisa memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan jika disalahgunakan. Menurut UU tentang Narkotika, jenisnya dibagi menjadi menjadi 3 golongan berdasarkan pada risiko ketergantungan.

Narkotika Golongan 1
Narkotika golongan 1 seperti ganja, opium, dan tanaman koka sangat berbahaya jika dikonsumsi karena beresiko tinggi menimbulkan efek kecanduan.

Narkotika Golongan 2
Sementara narkotika golongan 2 bisa dimanfaatkan untuk pengobatan asalkan sesuai dengan resep dokter. Jenis dari golongan ini kurang lebih ada 85 jenis, beberapa diantaranya seperti Morfin, Alfaprodina, dan lain-lain. Golongan 2 juga berpotensi tinggi menimbulkan ketergantungan.

Narkotika Golongan 3
Dan yang terakhir, narkotika golongan 3 memiliki risiko ketergantungan yang cukup ringan dan banyak dimanfaatkan untuk pengobatan serta terapi.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, ada beberapa jenis narkoba yang bisa didapatkan secara alami namun ada juga yang dibuat melalui proses kimia. Jika berdasarkan pada bahan pembuatnya, jenis-jenis narkotika tersebut di antaranya adalah:

Narkotika Jenis Sintetis
Jenis yang satu ini didapatkan dari proses pengolahan yang rumit. Golongan ini sering dimanfaatkan untuk keperluan pengobatan dan juga penelitian. Contoh dari narkotika yang bersifat sintetis seperti Amfetamin, Metadon, Deksamfetamin, dan sebagainya.

Narkotika Jenis Semi Sintetis
Pengolahan menggunakan bahan utama berupa narkotika alami yang kemudian diisolasi dengan cara diekstraksi atau memakai proses lainnya. Contohnya adalah Morfin, Heroin, Kodein, dan lain-lain.

Narkotika Jenis Alami
Ganja dan Koka menjadi contoh dari Narkotika yang bersifat alami dan langsung bisa digunakan melalui proses sederhana. Karena kandungannya yang masih kuat, zat tersebut tidak diperbolehkan untuk dijadikan obat. Bahaya narkoba ini sangat tinggi dan bisa menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan jika disalahgunakan. Salah satu akibat fatalnya adalah kematian.

Bahaya dan Dampak Narkoba pada Hidup dan Kesehatan
Peredaran dan dampak narkoba saat ini sudah sangat meresahkan. Mudahnya mendapat bahan berbahaya tersebut membuat penggunanya semakin meningkat. Tak kenal jenis kelamin dan usia, semua orang berisiko mengalami kecanduan jika sudah mencicipi zat berbahaya ini.

Meski ada beberapa jenis yang diperbolehkan dipakai untuk keperluan pengobatan, namun tetap saja harus mendapatkan pengawasan ketat dari dokter. Ada banyak bahaya narkoba bagi hidup dan kesehatan, di antaranya adalah:

Dehidrasi
Penyalahgunaan zat tersebut bisa menyebabkan keseimbangan elektrolit berkurang. Akibatnya badan kekurangan cairan. Jika efek ini terus terjadi, tubuh akan kejang-kejang, muncul halusinasi, perilaku lebih agresif, dan rasa sesak pada bagian dada. Jangka panjang dari dampak dehidrasi ini dapat menyebabkan kerusakan pada otak.

Halusinasi
Halusinasi menjadi salah satu efek yang sering dialami oleh pengguna narkoba seperti ganja. Tidak hanya itu saja, dalam dosis berlebih juga bisa menyebabkan muntah, mual, rasa takut yang berlebih, serta gangguan kecemasan. Apabila pemakaian berlangsung lama, bisa mengakibatkan dampak yang lebih buruk seperti gangguan mental, depresi, serta kecemasan terus-menerus.

Menurunnya Tingkat Kesadaran
Pemakai yang menggunakan obat-obatan tersebut dalam dosis yang berlebih, efeknya justru membuat tubuh terlalu rileks sehingga kesadaran berkurang drastis. Beberapa kasus si pemakai tidur terus dan tidak bangun-bangun. Hilangnya kesadaran tersebut membuat koordinasi tubuh terganggu, sering bingung, dan terjadi perubahan perilaku. Dampak narkoba yang cukup berisiko tinggi adalah hilangnya ingatan sehingga sulit mengenali lingkungan sekitar.

Kematian
Dampak narkoba yang paling buruk terjadi jika si pemakai menggunakan obat-obatan tersebut dalam dosis yang tinggi atau yang dikenal dengan overdosis. Pemakaian sabu-sabu, opium, dan kokain bisa menyebabkan tubuh kejang-kejang dan jika dibiarkan dapat menimbulkan kematian. Inilah akibat fatal yang harus dihadapi jika sampai kecanduan narkotika, nyawa menjadi taruhannya.

Gangguan Kualitas Hidup
Bahaya narkoba bukan hanya berdampak buruk bagi kondisi tubuh, penggunaan obat-obatan tersebut juga bisa mempengaruhi kualitas hidup misalnya susah berkonsentrasi saat bekerja, mengalami masalah keuangan, hingga harus berurusan dengan pihak kepolisian jika terbukti melanggar hukum.

Pemakaian zat-zat narkotika hanya diperbolehkan untuk kepentingan medis sesuai dengan pengawasan dokter dan juga untuk keperluan penelitian. Selebihnya, obat-obatan tersebut tidak memberikan dampak positif bagi tubuh. Yang ada, kualitas hidup menjadi terganggu, relasi dengan keluarga kacau, kesehatan menurun, dan yang paling buruk adalah menyebabkan kematian. Karena itu, jangan coba-coba memakai barang berbahaya tersebut karena resikonya sangat tinggi bagi hidup dan kesehatan. (SUMBER BNN)



Bahaya merokok bisa merusak organ tubuh. Perokok aktif maupun pasif dapat mengintai kesehatan karena mengandung 4000 lebih zat kimia yang bisa membahayakan bagi tubuh.


WHO menyebutkan dalam sebuah laporan tahun 2017. Sekitar 80 persen perokok dunia hidup di negara berpenghasilan rendah, dan menengah dan 226 juta, di antaranya dianggap miskin. Cina menempati angka tertinggi dengan jumlah perokok sekitar 315 juta orang, dan mereka mengonsumsi lebih dari sepertiga dari rokok dunia. Sedangkan Indonesia menempati presentase penduduk sebagai perokok terbesar di dunia: 76 persen pria berusia di atas 15 tahun tercatat sebagai perokok.
Baca juga: Viral Pembuluh Darah Mata Pecah karena Abu Rokok Saat Naik Motor
Merokok adalah kebiasaan buruk yang berpotensi merusak organ tubuh, dan menimbulkan berbagai penyakit mematikan. Kenikmatan rokok ternyata tak sebanding dengan bahayanya bagi kesehatan. Efek dari gaya hidup seperti ini memang tidak langsung terjadi, namun seiring berjalannya waktu, berbagai zat yang terkandung di dalamnya akan merusak dan membahayakan tubuh.

Dirangkum detikHealth, inilah bahaya merokok bagi kesehatan:


1. Kanker

Sering diplesetkan Kanker menjadi sebuah singkatan dari "Kantong kering", namun yang ini maksudnya bukan demikian. Meskipun merokok bisa menambah pengeluaran biaya hidup penggunaanya, namun efek berbahaya sebenarnya mengintai kesehatan pengguna dan orang yang terpapar asap rokok di sekitarnya.

Hal ini karena terdapat lebih dari 60 zat kimia yang terkandung dalam setiap batang rokok, dapat meningkatkan radikal bebas dalam tubuh yang memicu pertumbuhan sel tidak normal.

Efek jangka panjangnya seperti kanker paru-paru, mulut, laring (kotak suara), Faring (tenggorokan), kerongkongan, ginjal, serviks, hati, kandung kemih, pankreas perut, kolon (usus 12 jari).

2. Serangan Jantung

Dalam setiap bungkus kemasan rokok pun tertera bahaya rokok, terutama penyakit jantung. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO). Setiap menit, hampir 11 juta batang rokok diisap di dunia dan 10 orang meninggal karenanya.

Rokok mengandung bahan-bahan kimia yang berpotensi menjadi racun bagi tubuh, serta menyebabkan kerusakan struktur otot jantung dan pembuluh darah jantung. Kandungan Tar dan Nikotin pada rokok sebagai penyebab terjadinya penumpukan plak pada pembuluh darah, yang kemudian bisa menyebabkan penyakit jantung koroner.

Bahaya merokok bagi kesehatan.Bahaya merokok bagi kesehatan. Foto: Istimewa

3. Diabetes

Perokok aktif lebih beresiko terkena diabetes dibandingkan dengan yang tidak merokok, atau tidak terkena paparan asap rokok. Hal ini karena, kandungan nikotin di setiap batang rokok, kemudian asap yang dihasilkan dari pembakaran rokok tersebut membuat kadar gula darah menjadi terlalu naik atau terlalu turun.

Selain itu, nikotin juga mengubah proses kimia dalam sel hingga terjadi Resistensi insulin, atau kondisi di saat sel tidak bisa menggunakan gula darah dengan baik, karena terganggunya respon tubuh terhadap insulin. Ketika insulin terganggu akibat merokok, kadar gula darah jadi tak terkendali. Bila diteruskan, kondisi ini bisa meningkatkan komplikasi diabetes, seperti masalah jantung, kerusakan ginjal, saraf, dan mata.

4. Gangguan Kehamilan dan Janin

Ibu hamil yang merokok atau terkena paparan asap rokok, akan sangat berbahaya bagi janin yang dikandung. Bila Ibu hamil sering terpapar asap rokok, pertumbuhan bayi yang dikandung akan terhambat. Hal ini karena kandungan nikotin di dalam rokok, bisa menghalangi plasenta menyerap nutrisi dan oksigen ke bayi. Kemudian beresiko melahirkan bayi dengan berat badan lebih rendah, dan gangguan penyakit lain. Sedangkan efek berbahaya bagi wanita perokok aktif maupun pasif adalah infertilitas atau ketidaksuburan.

5. Disfungsi Ereksi

Selain terhambatnya aliran darah menuju jantung dan otak, karena kandungan berbahaya dari asap rokok. Peredaran darah menuju organ vital atau penis juga bisa dapat terganggu. Aliran darah ke organ vital yang terhambat juga memicu disfungsi ereksi. Bahaya merokok bagi pria juga dapat menurunkan kualitas sperma, yang selama ini menjadi faktor masalah infertilitas.

Jadi, kesimpulan bahaya merokok sebaiknya disadari sejak dini sebelum terlambat. Jauhkan kebiasaan buruk seperti merokok, dari anak-anak dan remaja. Karena sehat itu mahal harganya. (SUMBER DETIK)

PEBANDINGAN PARU-PARU PEROKOK DAN BUKAN PEROKOK :









ANIMASI VIDEO :



Jangan coba-coba menggunakan rokok dan narkoba! jangan lupa tinggalkan komentar tentang kesimpulan anda setelah anda literasi tentang baya narkoba dan rokok!

Comments

  1. Nama:Roihanul firdausyah
    No:013
    Narkoba dapat merusak kesehetan yang akan terjadi pda pecandu narkoba seperti halusinasi,menurunya tingkat kesadaran, dehidrasi, dan kematian
    Rokok dapat meyebabkan penyakit jantung, diabetes,gangguan kehamilan dan janin
    #stop narkoba

    ReplyDelete
  2. Nama : Sarifa Rodiyah
    No peserta : 041
    Kesimpulan :
    Narkoba dan rokok sangat tidak baik buat tubuh kita, zat dari kandungan narkoba dan rokok akan merusak tubuh kita bahkan bisa membunuh kita. Jadi, sebaiknya kita menghindari narkoba dan rokok dengan cara melakukan kegiatan yang bermanfaat. Misalnya mengisi waktu kosong kita dengan keterampilan atau yang lain. Sayangi tubuh kita, jauhi narkoba dan rokok
    Katakan tidak untuk narkoba dan rokok
    #SALAMSPENSAGA" IAM POSSIBLE"

    ReplyDelete
  3. Nama:RAMADANA HIDAYATULLAH NO:082 Narkoba dapat merusak kesehatan yang akan terjadi pada pencanduan narkoba seperti halusinasi,menurunnya tingkat kesadaran,dan kematian Rokok dapat menyebabkan penyakit jantung,diabetes,Gangguan kehamilan,dan janin#Stop Narkoba Sekarang Juga.

    ReplyDelete
  4. Nama:Naura Ayu Shabira Hermanto
    No:022
    Bahaya narkoba dapat menyebabkan kecanduan,halusinasi,menurunkan tingkat kesadaran dan yang paling parah lagi adalah kematian
    Bahaya rokok dapat menyebabkan serangan jantung,gangguan janin/kehamilan
    #stopnarkoba
    #stoprokokmembunuhmu

    ReplyDelete
  5. Nama : Moh Farhat aldyba akbar
    No peserta : 004
    Kesimpulan :
    Narkoba dan rokok sangat tidak baik buat tubuh kita, zat dari kandungan narkoba dan rokok akan merusak tubuh kita bahkan bisa membunuh kita. Jadi, sebaiknya kita menghindari narkoba dan rokok dengan cara melakukan kegiatan yang bermanfaat. Misalnya mengisi waktu kosong kita dengan keterampilan atau yang lain. Sayangi tubuh kita, jauhi narkoba dan rokok
    Katakan tidak untuk narkoba dan rokok
    #SALAMSPENSAGA" IAM POSSIBLE"

    ReplyDelete
  6. Nama: MOCH RIZKI ZULFIADI
    NO: 077
    Narkoba dan rokok sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. karena bisa menimbulkan penyakit yang mematikan seperti Kanker Paru² , gangguan jiwa , asma , penyakit jantung, dll. #Stop Narkoba Dan rokok supaya hidup sehat dan tentram

    ReplyDelete
  7. Nama: NARA ATHALLAH AL FIRAS
    NO: 080
    Dampak narkoba yang paling buruk terjadi jika si pemakai menggunakan obat-obatan tersebut dalam dosis yang tinggi atau yang dikenal dengan overdosis#stonarkobasekarangjuga

    ReplyDelete
  8. Nama : Dewi Adelia
    No.Peserta:03
    kesimpulan ;

    Narkoba dapat mengganggu mental dan kejiwaan yang akan terjadi pada pecandu narkoba seperti;bersifat halusinasi,menurunnya tingkat kesadaran , dehidrasi ,dan bisa menyebabkan kematian .
    sedangkan merokok dapat menyebabkan penyakit serangan jantung,kanker,gangguan kehamilan dan janin .
    Katakan tidak untuk narkoba
    #SALAMSPENSAGA"IAM
    POSIBLE

    ReplyDelete
  9. Nama : Moh Tri Aditya Farel TC
    No. O.005
    Kesimpulan

    Narkoba dan rokok sangat tidak baik dan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia... Rokok dan narkoba bisa menyebabkan kecanduan hingga kematian.
    Jadi hindarilah rokok dan narkoba...

    ReplyDelete
  10. Nama: Hikmatul Laily agustin
    No :001
    Narkoba dapat merusak organ tubuh manusia dan juga dapat menggangu mental dan kejiwaan pecandu.. seperti halusinasi, menurunnya tingkat kesadaran, dehidrasi dan bahkan bisa kematian.sedangkan merokok dapat menyebabkan penyakit seperti serangan jantung, diabetes,kankerdan gangguan kehamilan dan janin.bahaya narkoba dan rokok sebaiknya disadari sejak dini.jauhkan kebiasaan buruk seperti narkoba dan merokok sebaiknya dijauhkan dari anak anak dan remaja.jauhkan narkoba da rokok darimu karna sehat itu mahal

    ReplyDelete
  11. Nama: achmat ainul yakin
    No: z-040
    Narkoba dapat merusak kesehetan yang akan terjadi pda pecandu narkoba seperti halusinasi,menurunya tingkat kesadaran, dehidrasi, dan kematian,dan lebih parah bisa di hukum mati
    Rokok dapat meyebabkan penyakit jantung, ,gangguan kehamilan dan janin
    #stop narkoba

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. Nama: wardatun ula
    Asal sekolah : SDN Blega 1
    No:Z-086

    Penggunaan rokok harus d hentikan karena rokok terbuat dari sel kimia yang dapat mengakibatkan penyakit kanker,paru paru,jantung dll.
    stop penggunaan narkoba karena dapat mengancam keselamatan dan kesehatan diri sendiri,keluarga,masyarakat.
    Narkoba dapat merusak masa depan bangsa,cegahlah narkoba untuk menjadi generasi bangsa yang bebas dari narkoba.

    ReplyDelete
  15. Nama: Prima Juliansyah.
    No. : 006
    Kesimpulan
    Narkoba dan rokok sama" berbahaya bg kesehatan tubuh.karena zat yg terkandung didalamnya dpt merusak organ yg penting bg tubuh kita. Apalagi bg yg sudah kencanduan zat tersebut dpt menggrogoti paru " dan jantung bahkan bisa mengakibatkan kematian. Jangan pernah mendekati apalagi memakai. Mari isi hari" kita dg berkarya.

    ReplyDelete
  16. Pak / Bu Guru mohon tlng No. Hp.
    087858934399 di link kan ke WA Grup Spensaga ..Salam
    IAM POSSIBLE

    ReplyDelete
  17. Katakan Tidak Pada Narkoba!!! Narkoba No! Prestasi Yes!!
    -Muhammad Yusron /016-

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts