KURIKULUM 2013

 



Selamat datang anak-anakku di UPTD SMPN 1 Blega, selamat bergabung menjadi keluara besar spensaga. ibu doakan kalian bisa menempuh pendidikan ini dengan baik guna meraih impian kalian juga tak lupa mendapat barokah dari ilmu dan guru. Pada kesempatan kali ini akan ditemani dengan saya Nurul Fathah biasa dipanggil Bu Nunung. materi berikut ini adalah pengenalan tentang kuri kulum 2013 dalam rangka menuju pembelajaran abad 21. 

Perlu ibu ingatkan bahwa cara belajar sangatlah berbeda anatar saat SD dan sekarang kalian melangkah menuju SMP, jadi ini adalah awal yang baru bukan saja untuk kalian namun juga untuk masa depan kalian di abad 21 yang nantinya pasti lebih banyak ujian hidup yang harus kalian hadapi. maka dari itu semua kita siapkan sedari dini untuk masa depan yang lebih baik. siap? baik, berikut ini simak secara singkat tentang kurikulum 2013. jangan lupa absen dikolom komentar dan juga jika ada pertanyaan bisa juga tulis dikolom komentar. selamat literasi!


Materi Kurikulum 2013

 

A.      Pengenalan Sekolah

Struktur kurikulum 2013 untuk kelas VII, VIII,  dan IX terdiri dari 11 Mata pelajaran, dikelompokkan menjadi 2 kelompok yaitu Kelompok A terdiri dari 7 mata pelajaran dan Kelompok B terdiri dari 4 mata pelajaran.

 

No

Kelompok Mata Pelajaran

Nama Guru Pengajar

Kelompok mata pelajaran A terdiri dari :

1.

Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

·      Ahmad Rofik, SH, M.Pd.I (7ABCD, 8ABCD), (9DE)

·      Kurniadi, M.Pd.I (9ABC)

2.

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

·     Siti Fatimah, S.Pd (7ABC), (8ABCD)

·     Mustatiah, S.Pd, M.Pd (7D), (9ABCDE)

3.

Bahasa Indonesia

·     Dra. Hozaimah (9AB)

·     Ismail, S.Pd (7D), (8ABC)

·     Sundari, S.Pd (8D), (9CDE)

·     Nurul Elmiyah, S.Pd (7ABC)

4.

Matematika

·     Arifin, S.Pd (7AB), (9ABC)

·     Mulariya Shufiani, S.Pd (8CD), (9DE)

·     Syaiful Fadil, ST (7CD), (8AB)

5.

Ilmu Pengetahuan Alam

·     Driana Maftucha, S.Pd (8A), (9AB)

·     Nurul Fatihah, S.Si (9CDE)

·     Abdulloh, S.Pd (7ABC)

·     Afni Laily Hidayah, S.Pd (7D), (8BCD)

6.

Ilmu Pengetahuan Sosial

·     Moh. Nizar, S.Pd (9ABCDE)

·     Dra. Nur Aida (7ABCD), (8D)

·     Lilis Sri Banowati, S.Pd (8ABC)

7.

Bahasa Inggris           

·     Reni Irawati, S.Pd (7AB), (9ABCDE)

·     Babul Ulum, SS (7CD), (8ABCD)

 

Kelompok mata pelajaran B terdiri dari :

1.

Seni Budaya

·     Hartadi Djatyono, S.Pd (8ABC), (9ABCDE)

·     Dedy Kharisma, S.Pd (7A), (8D)

·     Syahron Kahfi, ST (7BCD)

2.

Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan

·     Rudy Hermanto, S.Pd (8AB), (9ABCDE)

·     Ach. Faqih, S.Pd (7ABCD), (8CD)

3.

Prakarya dan / atau Informatika

·     Moh. Nizar, S.Pd (7CD)

·     Sri Daryati Utami, S.Pd (8ABCD), (9CD)

·     Abdulloh, S.Pd (9ABE)

·     Afni Laily Hidayah, S.Pd (7AB)

4

Bahasa Madura

·     R. Soehartin, S.Pd (7ABCD), (8ABCD), (9D)

·     Sri Daryati Utami, S.Pd (9ABCE)

 

Berbeda dengan di Sekolah Dasar, mata pelajaran mayoritas diajar oleh wali kelas, yang berbeda hanya guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Penjasorkes, dan Bahasa Inggris. Akan tetapi di jenjang SMP setiap mata pelajaran diajar oleh guru yang berbeda.

 

B.      Sistem Penilaian

 

Aspek penilaian sikap dan perilaku merupakan aspek penilaian dengan menilai sikap dan perilaku peserta didik selama proses pembelajaran. Aspek penilaian ini dinilai oleh guru dalam jurnal harian,teman sejawat dalam sebuah lembaran nilai,dan diambil oleh diri masing-masing siswa.


Penilaian yang dilaksanakan di UPTD SMPN 1 Blega terdiri dari :

a.   Tugas

b.   Penilaian Harian (PH), dilaksanakan setiap akhir pembelajaran KD

c.   Penilaian Tengah Semester (PTS), dilaksanakan setiap pertengahan semester

d.   Penilaian Akhir Semester (PAS), dilaksanakan setiap akhir semester ganjil

e.   Penilaian Akhir Tahun (PAT), dilaksanakan setiap akhir semester genap

f.    Ujian Sekolah (US), dilaksanakan setiap akhir sekolah saat kelas IX

Dari serangkaian bentuk penilaian yang ada saling berkesinambungan, artinya siswa bisa ikut PH jika semua tugas sudah terselesaikan. Syarat ikut PTS, siswa sudah melengkapi tugas dan ikut PH. Syarat ikut PAS, siswa harus sudah melengkapi tugas, ikut PH dan PTS. Begitu juga seterusnya.

 Sistem penilaian kurikulum 2013 terdiri dari :


1)    Pengetahuan

Aspek pengetahuan merupakan aspek yang ada di dalam materi pembelajaran untuk menmbah wawasan siswa di suatu bidang. Di dalam struktur kurikulum ini, jenjang SD memiliki pengetahuan sebanyak 20% dan 80% aspek karakter, jenjang SMP memiliki bobot pengetahuan 40% dan 60% aspek karakter, dan jenjang SMA memiliki bobot pengetahuan 80% dan 20% aspek karakter. Pada Kurikulum 2013 memang diintergrasikan dengan pendidikan karakter yang sebelumnya telah dicanangkan pemerintah sebelum terbentuknya kurikulum ini.


 


2)    Keterampilan

Aspek keterampilan bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam membuat, melaksanakan, dan mengerjakan suatu soal atau proyek sehingga siswa dapat terlatif sifat ilmiah dan karakter yang merujuk pada aspek keterampilan. Aspek keterampilan dapat berupa keterampilan pengerjaan soal, keterampilan pengerjaan dan pelaksanaan proyek, keterampilan membuat teks, dan keterampilan dalam menjawab soal lisan.


3)    Sikap dan Perilaku


Aspek penilaian sikap dan perilaku merupakan aspek penilaian dengan menilai sikap dan perilaku peserta didik selama proses pembelajaran. Aspek penilaian ini dinilai oleh guru dalam jurnal harian,teman sejawat dalam sebuah lembaran nilai,dan diambil oleh diri masing-masing siswa.


C.      Sistem Pembelajaran

Berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 4 Tahun 2020, Surat Edaran Gubernur Jawa Timur Nomor : 420 / 1950 / 101.1 / 2020, Surat Edaran Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangkalan Nomor : 420 / 0940 / 433.101 / 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19), Surat Edaran Gubernur Jawa Timur Nomor 420 / 14430 / 101.1 / 2021, Surat Edaran Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangkalan Nomor 421.3 / 1595 / 433.101 / 2021 tentang Pembelajaran pada Masa PPKM Darurat, maka untuk menindaklanjuti surat edaran tersebut pembelajaran di UPTD SMPN 1 Blega dilaksanakan secara PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) sampai dengan tanggal 20 Juli 2021.

 


 

Comments

Post a Comment