Siswa Mutasi ke SMPN 1 Blega

Putra/putri anda adalah siswa SMP/MTs yang ingin pindah ke SMPN 1 Blega? simaklah  beberapa kelengkapan dokumen yang diperlukan berikut ini:

  1. Surat Mutasi dari Sekolah/Madrasah asal
  2. Surat Keterangan Pindah/Keluar dari Dapodik (bagi siswa dari SMP), atau dari EMIS (bagi siswa dari MTs)
  3. Fotokopi Ijazah SD/MI terlegalisir, 2 lembar
  4. Fotokopi SHUSBN SD/MI terlegalisir, 2 lembar
  5. Bagi Siswa dari MTs, Print out NISN dari laman http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data terlegalisir, 1 lembar
  6. Raport Asli SMP/MTS bagi siswa yang sudah mendapatkan rapor, dan daftar nilai pencapaian kompetensi bagi siswa yang mutasi saat pertengahan semester.
  7. Fotokopi Kartu Keluarga, 1 lembar
  8. Fotokopi Akta Kelahiran, 1 lembar
  9. Fotokopi Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) bagi yang memiliki, 1 lembar
  10. Mengisi dan menandatangani Formulir Peserta Didik (F-PD) yang bisa diunduh di link berikut (unduh).
  11. Pasfoto hitam putih ukuran 3 x 4 cm dengan kualitas cetak studio, 2 lembar

Sebelum anda mengajukan pindah dan meminta surat mutasi (persyaratan nomer 1 dan 2) untuk putra/putrinya kepada sekolah asal, hendaknya anda datang dulu ke SMPN 1 Blega untuk meminta surat keterangan "Bersedia Menerima" yang mana surat ini sangat mungkin akan diminta oleh sekolah asal untuk memastikan bahwa sudah ada sekolah yang akan menerima putra/putri anda. Untuk diketahui, tidak semua sekolah bisa menerima siswa yang mutasi karena beberapa alasan seperti ketersedian pagu. Kemudian serahkan surat "Bersedia Menerima" tersebut kepada sekolah asal. Pastikan anda mendapatkan Surat Mutasi, Surat  Keterangan Pindah/keluar dari Dapodik atau EMIS, Raport asli, Daftar nilai pencapaian kompetensi yang telah putra/putri anda tempuh dan legalisir pada print out NISN (bagi siswa MTs).

Tentang NISN (persyaratan no.5), putra/putri anda wajib memilikinya. Anda bisa mencetak sendiri kapanpun dari laman resmi di atas dengan memasukkan beberapa data putra/putri anda. Pastikan NISN tersebut cocok dengan NISN yang tercantum di Ijazah SD/MI. NISN penting sekali dalam pendataan peserta didik yang digelar oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah serta menjadi syarat wajib pada saat mendaftar di Perguruan Tinggi Negeri melalui SBMPTN. Seluruh siswa SMP se-Indonesia telah memiliki NISN yang terintegrasi dengan Dapodik, sementara siswa MTs data NISN-nya belum terintegrasi dengan Dapodik, sehingga kami membutuhkan print out NISN bagi siswa MTs untuk memastikan putra/putri anda sudah memiliki NISN.

Bagi keluarga pemegang KKS/KIP sangat diharapkan untuk menyerahkan fotokopinya kepada kami, sehingga Bagian Kesiswaan dapat segera mendaftarkan putera/puteri anda sebagai penerima BSM (Beasiswa Miskin). Setelah didaftarkan dan positif mendapatkan beasiswa, putera/puteri anda akan dibuatkan rekening tabungan di Bank, dimana buku tabungannya akan dipegang oleh siswa sendiri sehingga dapat mencairkan beasiswa tersebut sewaktu-waktu.



(diperbarui Desember 2019)



Comments

Popular Posts