World Malaria Day

Spensaga


   Hari ini tanggal 25-april, di peringati sebagai hari malaria sedunia. Malaria adalah sebuah penyakit yng di sebabkan oleh nyamuk anopheles betina yang sudah terinfeksi. penyakit malaria ini juga bisa membunuh berjuta orang.

   Dalam penelitian medis, malaria adalah penyakit yang di tularkan oleh nyamuk yang memiliki inti sel protozoa parasit/sekelompok sel tunggal tipe plasmodium.

   Benua Afrika adalah salah sarang salah satu pengidap terbesar sapenyakit ini. sudah sering terjadi dan menyebabkan banyak kerugian sebesar USS12 miliar hanya dalam setahun. Saat nyamuk hinggap di tubuh manusia, nyamuk akan menyebarkan parasit malaria yang di masukkan ke dalam aliran darah manusia memalui mulut tipe penusuknya.

   Gejala-gejala yang terjadi saat seseorang terserang penyakit malaria adalah korban akan mengalami demam panjang, kelelahan, muntah dan mual dan sakit kepala. sedangkan gejala yang paling parah adalah berubahnya warna kulit menjadi kuning, kejang-kejang, koma, bahkan kematian.

   Cara sederhana untuk menanggulangi agar kita tidak terserang penyakit malaria adalah memakai kelambu tidur, menggunakan lotion nyamuk/obat nyamuk, menutup tempat sampah saat hujan, membuang sampah pada tempatnya dan menjaga kawasan rumah dan sekitarnya agar tetap bersih.

   Begitulah sedikit narasi tentang penyakit malaria, penyebab, gejala yang di timbulkan dan penanggulangannya.
Mari kita cegah Malaria dari dini untuk GENERASI EMAS INDONESIA 🇮🇩

Fara crinum

Comments

Popular Posts