Narasi Malaria

PIK-R GEN SUPER 

Assalamualaikum wr'wb
Hari ini adalah hari kamis tanggal 25 April 2019 yaitu hari malaria atau yang disebut "Malaria day."

Malaria disebabkan oleh protozoa parasit dalam tipe plasmodium atau sebuah plasmodium dari air ludah nyamuk betina bergerak ke dalam sel nyamuk. Jika mengalami seperti demam, kelelahan, muntah, dan sakit kepala mungkin bisa jadi adalah gejala malaria. Ada kasus lebih parah lagi tentang penyakit malaria seperti kulit menjadi warna kuning, berbintik merah, kejang-kejang, koma, atau kematian.

Kesadaran akan malaria dimulai di Afrika lewat Africa Malaria Day pada 2001. Menurut laporan, India adalah negara dengan kasus malaria terbanyak.  WHO memperkirakan sebanyak 90% kasus malaria di Asia Tenggara terjadi di India.  Sedangkan Indonesia tercatat hanya 9% kasus. Wilayah yang berstatus endemis tinggi berada yaitu di Papua, Papua Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Usaha-usaha agar malaria tidak menular ke orang di sekitarnya adalh dengan penyemprotan rumah, meningkatkan perlindungan kelompok rentan malaria (ibu hamil dan balita), imunisasi, deteksi dini, pengobatan yang tepat, dan peningkatan kesadaran serta pengetahuan masyarakat untuk melakukan pencegahan.
Selain usaha ada cara yang lebih efektif yaitu tidur menggunakan kelambu, penyemprotan dinding rumah, dan menggunakan repellent. Selain itu juga menebarkan ikan pemakan jentik seperti ikan mujair dan cupang sebagai predator alami yang Ramah lingkungan.

Yuk kita jaga Negara ini bebas dari penyakit malaria...
Sekian dari saya,
Wassalamualaikum wr'wb

Anaphalis Adinda

Comments

Popular Posts