Kegiatan Science Expedition Learning



SMPN 1 blega memiliki ekstrakurikuler yaitu ekstra "science expedition learning'' yang yang menanamkan karakter cinta lingkungan yang di ikuti beberapa siswa SMPN 1 Blega, kegiatan ini biasanya dilaksanakan sore hari setelah pulang sekolah tepatnya pada hari kamis.


Biasanya kegiatan ini berupa diskusi tentang karakter cinta lingkungan,kadang ekspedisi ke gunung,sungai dll,intinya yang bertemakan lingkungan.


kegiatan ini sempat vakum 2 tahun dan tidak ada kegiatan sama sekali karena pada saat itu ada pandemi covid-19 yang menimpa seluruh Indonesia dan sehingga semua aktivitas di liburkan oleh pemerintah.


Setelah beberapa bulan di lalui akhirnya kegiatan ini perlahan mulai berkembang kembali,karena pada saat itu pandemi mulai mereda sehingga aktivitas-aktivitas bisa terjalankan kembali,termasuk kegiatan sekolah.


Dan alhamdulillah sekitaran bulan Januari 2022 tepatnya pada hari kamis tgl 6 sepulang sekolah SEL diskusi tipis-tipis tentang lingkungan sebagai awal diskusi karena sudah 2th vakum


Setelah beberapa bulan kemudian, pada saat itu SMPN 1 BLEGA mengadakan bazar extrakurikuler sebagai ajang pengenalan extrakurikuler kepada siswa siswi baru kelas 7 di spensaga,disana extrakurikuler SEL berpartisipasi dalam bazar tersebut dengan mempromosikan tentang extrakurikuler SEL.


Dan alhamdulillah siswa-siswi baru kelas 7 banyak yang tertarik mendaftar dan mengikuti kegiatan extrakurikuler SEL.


Setelah beberapa hari kemudian kegiatan sel di mulai kembali untuk awal pertemuan bersama sebagian anak kelas 7 yang mengikuti kegiatan extrakurikuler ini.


Setelah kedua kali pertemuan bersama kelas 7 master Afni dan master Aab menyampaikan bahwa insyaallah SEL akan mengadakan green camp di kec.labuhan sepulu.


Dan disana master-master SEL merasa senang dengan adanya kegiatan green camp ini karena baru pertama kami green camp,setelah sekian lama pandemi dan terdiam di rumah.


Beberapa hari kemudian master Afni dan master Aab mengajukan surat ijin ke kepala sekolah untuk kegiatan green camp ini.


Dan alhamdulillah kepala sekolah mengijinkan untuk kegiatan green camp ini pada tanggal 15-16 september,dan juga Alhamdulillah kepala sekolah memberikan dukungan serta biaya transportasi.


Setelah seminggu kemudian pertemuan ketiga master Afni dan master Aab menginformasikan bahwa kegiatan green camp ini sudah di ijinkan oleh kepala sekolah,yang akan di laksanakan pada tanggal 15-16 september 2022 dan ,kegiatan ini bertepatan dengan hari ozon tgl 16 Oktober.


Disana master Afni dan master Aab langsung membagikan masing-masing master SEL ''surat perijinan orang tua" untuk kegiatan green camp di kec.labuhan sepuluh.


Dan alhamdulillah master-master SEL banyak yang di ijinkan orang tua nya untuk mengikuti kegiatan green camp di labuhan sepuluh,dan master Aab dan master Afni menginformasikan bahwa untuk kegiatan green camp nanti membawa alat-alat yang di butuhkan nanti.


Setelah beberapa hari kemudian tiba pada tgl 15 tepatnya pada hari kamis sepulang sekolah master-master SEL yang mengikuti kegiatan green camp berkumpul di SMP 1 Blega untuk persiapan berangkat ke tujuan yaitu di labuhan sepuluh.


Setelah semuanya berkumpul disana kita sambil menunggu bus mini yang akan kami tumpangi dan akhirnya beberapa menit kemudian bus mini nya datang dan master-master sel langsung bergegas memasuki bus mini dan juga masing-masing menduduki kursi di bus mini,kita berangkat nya sekitar jam 14:49 karna sebelum nya bus mini yang mau kita tumpangi lama belum datang.


Dan di perjalanan kita saling bercerita-cerita,makan snack,dan ada pula yang tidur karna kita berangkat nya sepulang sekolah jadi ada beberapa anak yang tertidur kecapean.


Setelah beberapa perjalanan kita tempuh akhirnya kita sampai di tujuan…

dan ternyata kita salah arah,dan beberapa siswa turun dari bus untuk ber istirahat sejenak.


Setelah beberapa menit kemudian master master SEL kembali menaiki bus dan akan melanjutkan perjalanan menuju taman mangrove labuhan sepuluh.


Dan alhamdulillah setelah beberapa menit tepatnya jam 5 menjelang malam akhirnya kita tiba di tempat nya dan semua master-master SEL turun dari bus mini sembari ber bondong-bondong menggendong tas yang berisi pakaian ganti.


Setelah itu master-master sel langsung menaiki rumah panggung yang berada di taman mangrove,disana master-master SEL di kagetkan dengan isi rumah panggung itu yang tertempel dengan banyaknyai sertifikat. Dan setelah itu master-master SEL langsung bergegas untuk antri mandi, setelah itu master-master SEL mengambil whudu untuk sholat magrib dan disana kita berjemaah sholat magrib.


Setelah sholat magrib kita semua di panggil pamong kami untuk mengambil jatah makan malam,dan semuanya mengambil makanan nya lalu di makan bersama-sama, setelah makan master-master SEL bermain di sekitar pesisir pantai sembari menunggu sholat insya'


Setelah sholat isya' sudah kelar dilanjutkan dengan pembukaan kegiatan green camp yang di isi oleh ibu Lilis Sri Banowati selaku guru kesiswaan di SMPN 1 blega yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini,dan tidak hanya ibu Lilis saja yang berpartisipasi namun juga ada bapak kepala sekolah SMPN 1 blega bapak nuris,serta kak imam.


Setelah pembukaan di lanjut dengan materi yang di isi oleh master Syahril selaku pengelola wisata taman mangrove,dan master Syahril memberikan materi tentang seputar mangrove ,dan disana master Syahril menjelaskan pengertian mangrove, jenis-jenis mangve dan juga manfaat mangrove, ternyata pohon bakau tidak hanya mencegah abrasi saja tetapi pohon bakau juga punya manfaat yang banyak salah satunya buahnya bisa dijadikan sirup,dll.


Setelah beberapa jam di lalui akhirnya materi yang di sampaikan selesai dan di tutup dengan beberapa pertanyaan yang di tanyakan oleh master-master SEL, Alhamdulillah banyak sekali ilmu yang di dapat dari master Syahril mulai dari pengertian mangrove, jenis-jenis nya hingga manfaatnya.


Setelah materi selesai master-master SEL mulai menuruni tangga rumah panggung tepatnya sekitar jam 8 malam, dan di sana master-master ada yang membeli minuman dan juga ada yang bermain di sekitaran pesisir pantai dan juga ada yang duduk-duduk di kursi sambil bercerita-cerita,dan juga ada yang menikmati suasana di malam hari 


Dilanjutkan dengan materi kepemimpinan/leadership yang di sampaikan langsung oleh kak imam sampai jam 21:45.


Setelah selesai materi,master-master SEL bakar-bakar sosis sembari seru seruan ada juga yang masak mie dan lain-lain,tak terasa suasana sudah mulai malam dan waktu menunjukkan jam 23:15 akhirnya master-master SEL kembali ke rumah panggung untuk tidur.


Jam 2 malam tiba akhirnya master aab membangunkan master-master SEL untuk sholat tahajjud,dan di sana master-master SEL mulai bangun dan menuruni tangga rumah panggung untuk mengambil wudhu dan melakukan sholat tahajjud.


Selesai sholat tahajjud master-master SEL ada yang melanjutkan tidurnya,bermain di pesisir pantai,dan juga ada yang duduk sembari menunggu adzan untuk sholat subuh.


Waktu menunjukkan jam 04:00 malam akhirnya master-master SEL bangun untuk mengambil wudhu dan setelah itu sholat subuh berjamaah.


Setelah sholat subuh master- master SEL duduk dan bermain di pesisir pantai sambil menunggu sunrise datang.


Dan setelah itu sunrise sudah mulai terlihat dan master-master SEL bergegas untuk persiapan senam bersama di pagi hari.


Setelah senam di lanjut dengan materi "Digitalisasi" yang di sampaikan oleh bapak nurisul ubbat salah satu guru di SMP 1 blega, setelah materi Digitalisasi selesai di lanjut dengan sambutan oleh kepala sekolah SMPN 1 blega bapak Heri Suharto.


Alhamdulillah kami mendapat support dan apresiasi banyak oleh kepala sekolah,dan setelah itu di lanjut dengan sarapan pagi bersama.


Setelah sarapan master-master SEL bersiap-siap kembali karena ada penanaman mangrove di sekitaran pantai bersama master Syahril, setelah itu master-master SEL berjalan menuju pesisir pantai untuk menanam mangrove, sebelum nya kami di ajarkan menanam mangrove oleh master Syahril.


Dan di sana master-master SEL senang sekali karena bisa menanam mangrove di sekitaran pantai bersama-sama.


Setelah penanaman mangrove selesai master-master sel di ijinkan untuk bermain sebelum pulang,disana master- master SEL bermain sambil menikmati keindahan alam ada yang main ayunan,ada yang bermain pasir,dan juga ada yang foto-foto.


Waktu menunjukkan jam 09.00 dan semua master-master SEL mulai menghentikan aktifitasnya untuk bersiap-siap mengemas barang-barang untuk pulang.


Dan pada pukul 10:00 kami pulang,di perjalanan master-master sel sambil bercerita pengalaman di taman mangrove dan tak terasa pada pukul 12:55 kami tiba di SMPN 1 BLEGA.


Alhamdulillah kami semua mendapatkan pengalaman yang indah serta mendapatkan ilmu yang banyak dari pemateri-pemateri dan tak lupa kami sangat apresiasi kepada master syahril karna beliau kami tau tentang seputar mangrove.


Semoga master-master SEL tambah maju dan berkembang menjadi yang terbaik untuk SPENSAGA!


Salam SEL aktif, kreatif,cinta lingkunganπŸ₯°πŸ’šπŸ’šπŸ’šπŸ’šπŸŒ±πŸŒ±πŸŒ±πŸŒ±

Comments