Kenangan

   



 Sore hari ini cerah, kami mendapatkan informasi bahwa salah satu kegiatan ekstrakurikuler di smpn 1 blega mengadakan acara green camp di desa labuhan kec. sepuluh. 

    Hari kamis ini berbeda dengan hari kamis sebelumnya hari dimana yg kami nanti-nantikan, tepatnya tanggal 15 September 2022, hari itu terasa sangat menyenakan dan penuh semangat karena kami akan menuju desa labuhan kec. sepuluh untuk melaksanakan Green camp.


   Perjalan yg begitu panjang sekitar 3 jam lamanya dan itu membuat saya sedikit lelah tapi saya kembali bersemangat setelah sampai di tujuan dengan selamat serta di sambut dengan angin sepoi-sepoi yang di iringi dengan bunyi deburan ombak yang sangat merdu. saya terpesona dengan keindahan alam yang begitu asri.

    

     Kami langsung bergegas menurunkan barang-barang menuju rumah panggung. lalu kami mengambil wudhu untuk melaksanakan sholat magrib. setelah itu, kami membersihkan diri secara bergantian,lalu kami makan malam bersama sembari berfoto-foto. saat adzan isya' berkumandang kami melaksanakan sholat isya' berjama'ah.


    Pada pukul 19:30 kami berkumpul di rumah panggung untuk melaksanakan kegiatan dimulai dengan pembukaan dari bu lilis sri bonawati selaku guru kesiswaan smpn 1 blega, lalu dilanjutkan dengan materi tentang mangrove yang di sampaikan oleh bapak Syahril selaku pemilik dan pengelola wisata mangrove. banyak ilmu yang kami dapatkan dari bapak syahril. yg masih saya ingat bahwa pohon bakau tidah hanya untuk mencegah abrasi dan habitat makhluk hidup seperti kepiting kerang dll, tetapi bagian-bagian pohon bakau memiliki fungsi yang bisa dijakan makanan atau minuman seperti daunnya bisa dijadikan urap bunga atau buahnya bisa di jadikan sirup atau kopi.  


    Setelah itu kami pergi keluar untuk mendengarkan materi "leadership" dari kak imam suami dari master afni. setalah kegiatan selesai, kami bermain di pesisir pantai ada yg bermain ayunan,memasak tteokbokki,mie instan dan bakar-bakar sosis. sekitar pukul 00:00 kami langsung bergegas untuk tidur dan bangun pada pukul 02:00 untuk melaksanakan sholat tahajud lalu dilanjutkan dengan melaksanakan sholat subuh. 


    Kami berkeliling di sekitar mangrove sembari menunggu sunrise. di pagi hari yg cerah kami melakukan senam pagi, dilanjutkan dengan materi "muda bijak digitalisasi" dari bapak nuris. pada puku 07:10 sambutan dari bapak heri Susanto selaku bapak kepala sekolah smpn 1 blega, lalu di lanjutkan dengan sarapan pagi. Kegiatan terakhir kami yaitu menanam pohon bakau yang langsung di berikan arahan oleh bapak Syahril. setelah kegiatan berakhir kami di izinkan untuk bermain tentunya kami tidak menyia-nyiakan kesempatan itu. adaya yang bermain ayunan, bermain air , dan tidak lupa berfoto-foto ria tak lupa juga ada yang membeli makanan dan minuman. hingga tak terasa jam menunjukkan pukul 09.00 entah kenapa hari yang menyenangkan, berjalan dengan begitu cepat. 

  

    Terasa sangat berat untuk meninggalkan tempat yang sangat indah saya katakan"surga dunia" . Pada pukul 10:30 kami pulang selama di perjalan pulang kami semua terlelap tidur mungkin karena terlalu lelah hingga pada pukul 12:40 kita sampai di SMPN 1 blega. Pada tanggal 15-16 September merupakan pengalaman baru kami semua yg begitu sangat menyenangkan, bertamasya sekaligus mendapatkan ilmu.





karya : ula lilium

Comments