"YES" aksi yang pertama


YES : Tutorial

Young Entrepreneur School (YES)

adalah ekstra kurikuler baru di SMP Negeri 1 Blega kini menunjukkan tajinya dengan kegiatan super inspiratif mereka. ekskul yang bertujuan mengasah jiwa kewirausahaan peserta didik ini diasuh oleh Ibu Maryam selaku owner YES. kegiatan dalam satu minggu dengan satu pertemuan ini menghasilkan buah manis yang membangun kepercayaan diri peserta didik guna mencoba dari dini mengenal dunia wirausaha. berikut Tutorial dan dokumentasi kegiatan YES yang pertama yaitu membuat Onde-onde.

Bahan-bahan
     1. 8 porsi
     2. 225 gr Tepung ketan
     3. 75 gr Kentang kukus, haluskan
     4. 75 gr Gula pasir
     5. 1/4 sdt Garam
     6. 175 cc Air hangat
     7. 100 gr Wijen
Secukupnya Air matang untuk celupan
Bahan Isi
     1. 100 gr Kacang ijo kupas, rendam selama 1 jam dan kukus 25 menit
     2. 100 cc Santan
     3. 1/8 sdt Garam
     4. 50 gr Gula pasir
     5. 1/8 sdt Vanili bubuk
Langkah
60 menit

Kulit :
Campur tepung ketan, kentang, gula dan garam. Masukkan air hangat sedikit demi sedikit, aduk hingga adonan kalis dan dapat dibentuk.

 
Timbang adonan @ 20 gr

 
Isi :
Blender kacang ijo dan santan. Masukkan ke dalam panci, tambahkan gula, garam dan vanili. Masak hingga adonan kalis . Timbang adonan isi @ 10 gr

 
Ambil adonan kulit, pipihkan tambahkan isi, bulatkan kembali. Celup ke air lalu gulingkan ke wijen. Goreng dengan api sedang hingga kuning kecoklatan



semoga kedepan YES menjadi ekskul yang membuat semangat peserta didik berkembang terutama dalam jiwa wirausaha. salam YES, "Kita bisa berwirausaha"
Berikut dokumentasi video :




Comments