KESADARAN BERBANGSA DAN BERNEGARA

MUSTATIAH, S.Pd, M.Pd



MATERI KESADARAN BERBANGSA DAN BERNEGARA



Di era globalisasi ini banyak tantangan memang bagi negeri kita, namun kesadaran berbangsa dan bernegara sudah selayaknya rakyat dan pemerintah untuk bersama sama memberikan pemahaman bagi rakyatnya, khususnya kaum muda. Pemerintah ikut bertanggung jawab mengemban amanat untuk memberikan kesadaran berbangsa dan bernegara bagi warganya, bila rakyat bangsa Indonesia sudah tidak memiliki kesadaran berbangsa dan bernegara, maka ini merupakan bahaya besar bagi kehidupan berbangsa dan bernegara, yang mengakibatkan bangsa ini akan jatuh ke dalam kondisi yang sangat parah bahkan jauh terpuruk dari bangsa-bangsa yang lain yang telah mempersiapkan diri dari gangguan bangsa lain.

Mengingat kondisi bangsa kita sekarang, merupakan salah satu indikator bahwa warga bangsa Indonesia di negeri ini telah mengalami penurunan kesadaran berbangsa dan bernegara.  Hal ini bisa kita lihat dari berbagai daerah sering bergejolak diantaranya tawuran antar warga, perkelaian pelajar, ketidakpuasan terhadap hasil pilkada, perebutan lahan pertanian maupun tambang, dan lain-lain. Kesadaran Berbangsa dan Bernegara  mempunyai makna bahwa individu yang hidup dan terikat dalam kaidah dan naungan di bawah Negara Kesatuan RI harus mempunyai sikap dan perilaku diri yang tumbuh dari kemauan diri yang dilandasasi keikhlasan/kerelaan bertindak demi kebaikan Bangsa dan Negara Indonesia.

Berbagai masalah yang berkaitan dengan kesadaran berbangsa dan bernegara sebaiknya mendapat perhatian dan tanggung jawab kita semua. Sehingga amanat pada UUD 1945 untuk menjaga dan memelihara Negara Kesatuan wilayah Republik Indonesia serta kesejahteraan rakyat dapat diwujudkan.

Hal lain yang dapat mengganggu kesadaran berbangsa dan bernegara di tingkat pemuda yang perlu di cermati secara seksama adalah semakin tipisnya kesadaran dan kepekaan sosial di tingkat pemuda, padahal banyak persoalan-persoalan masyarakat yang membutuhkan peranan pemuda untuk membantu memediasi masyarakat agar keluar dari himpitan masalah, baik itu masalah sosial, ekonomi dan politik, karena dengan terbantunya masyarakat dari semua lapisan keluar dari himpitan persoalan, maka bangsa ini tentunya menjadi bangsa yang kuat dan tidak dapat di intervensi oleh negara apapun, karena masyarakat itu sendiri yang harus disejahterakan dan jangan sampai mengalami penderitaan. Di situ pemuda telah melakukan langkah konkrit dalam melakukan bela negara.

Kesadaran bela negara adalah  dimana kita berupaya untuk mempertahankan negara kita dari ancaman yang dapat mengganggu kelangsungan hidup bermasyarakat yang berdasarkan atas cinta tanah air. Kesadaran bela negara juga dapat menumbuhkan rasa patriotisme dan nasionalisme di dalam diri masyarakat. Upaya bela negara selain sebagai kewajiban dasar juga merupakan kehormatan bagi setiap warga negara yang dilaksanakan dengan penuh kesadaran, penuh tanggung jawab dan rela berkorban dalam pengabdian kepada negara dan bangsa. Keikutsertaan kita dalam bela negara merupakan bentuk cinta terhadap tanah air kita.

Nilai-nilai bela negara yang harus lebih dipahami penerapannya dalam kehidupan masyarakat berbangsa dan bernegara antara lain:

1.  Cinta Tanah Air

Negeri yang luas dan kaya akan sumber daya ini perlu kita cintai. Kesadaran bela negara yang ada pada setiap masyarakat didasarkan pada kecintaan kita kepada tanah air kita. Kita dapat mewujudkan itu semua dengan cara kita mengetahui sejarah negara kita sendiri, melestarikan budaya-budaya yang ada, menjaga lingkungan kita dan pastinya menjaga nama baik negara kita.

2.  Kesadaran Berbangsa dan Bernegara

Kesadaran berbangsa dan bernegara merupakan sikap kita yang harus sesuai dengan kepribadian bangsa yang selalu dikaitkan dengan cita-cita dan tujuan hidup bangsanya. Kita dapat mewujudkannya dengan cara mencegah perkelahian antar perorangan atau antar kelompok dan menjadi anak bangsa yang berprestasi baik di tingkat nasional maupun internasional.

3.  Pancasila

Ideologi kita warisan dan hasil perjuangan para pahlawan sungguh luar biasa, pancasila bukan hanya sekedar teoritis dan normatif saja tapi juga diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Kita tahu bahwa Pancasila adalah alat pemersatu keberagaman yang ada di Indonesia yang memiliki beragam budaya, agama, etnis, dan lain-lain. Nilai-nilai pancasila inilah yang dapat mematahkan setiap ancaman, tantangan, dan hambatan.

4.  Rela berkorban untuk Bangsa dan Negara

Dalam wujud bela negara tentu saja kita harus rela berkorban untuk bangsa dan negara. Contoh nyatanya seperti sekarang ini yaitu perhelatan seagames. Para atlet bekerja keras untuk bisa mengharumkan nama negaranya walaupun mereka harus merelakan untuk mengorbankan waktunya untuk bekerja sebagaimana kita ketahui bahwa para atlet bukan hanya menjadi seorang atlet saja, mereka juga memiliki pekerjaan lain. Begitupun supporter yang rela berlama-lama menghabiskan waktunya antri hanya untuk mendapatkan tiket demi mendukung langsung para atlet yang berlaga demi mengharumkan nama bangsa.

5.  Memiliki Kemampuan Bela Negara

Kemampuan bela negara itu sendiri dapat diwujudkan dengan tetap menjaga kedisiplinan, ulet, bekerja keras dalam menjalani profesi masing-masing.

Kesadaran bela negara dapat diwujudkan dengan cara ikut dalam mengamankan lingkungan sekitar seperti menjadi bagian dari Siskamling, membantu korban bencana sebagaimana kita ketahui bahwa Indonesia sering sekali mengalami bencana alam, menjaga kebersihan minimal kebersihan tempat tinggal kita sendiri, mencegah bahaya narkoba yang merupakan musuh besar bagi generasi penerus bangsa, mencegah perkelahian antar perorangan atau antar kelompok karena di Indonesia sering sekali terjadi perkelahian yang justru dilakukan oleh para pemuda, cinta produksi dalam negeri agar Indonesia tidak terus menerus mengimpor barang dari luar negeri, melestarikan budaya Indonesia dan tampil sebagai anak bangsa yang berprestasi baik pada tingkat nasional maupun internasional.

Apabila kita  mengajarkan dan melaksanakan apa yang menjadi faktor-faktor pendukung kesadaran berbangsa dan bernegara sejak dini, yakni dengan mengembalikan sosialisasi pendidikan kewarganegaraan di sekolah-sekolah, juga sosialisasi di masyarakat,niscaya akan terwujud.. Pada pendidikan kewarganegaraan   ditanamkan prinsip etik multikulturalisme, yaitu kesadaran perbedaan satu dengan yang lain menuju sikap toleran yaitu menghargai dan mengormati perbedaan yang ada. Perbedaan yang ada pada etnis dan religi sudah harusnya menjadi bahan perekat kebangsaan apabila antar warganegara memiliki sikap toleran.

Nasionalisme adalah sikap mencintai bangsa dan negara sendiri. Nasionalisme terbagi atas ;

a.   Nasionalisme dalam arti sempit, yaitu sikap mencintai bangsa sendiri secara berlebihan sehingga menggap bangsa lain rendah kedudukannya, nasionalisme ini disebut juga nasionalisme yang chauvinisme, contoh Jerman pada masa Hitler.

b.  Nasionalisme dalam arti luas, yaitu sikap mencintai bangsa dan negara sendiri dan menggap semua bangsa sama derajatnya.

Hans Kohn dalam bukunya Nationalism its meaning and history mendivinisikan nasionalisme sebagai berikut :

    Suatu paham yang berpendapat bahwa kesetiaan individu tertinggi harus diserahkan pada negara.
    Perasaan yang mendalam akan ikatan terhadap tanah air sebagai tumpah darah.

Ada tiga hal yang harus kita lakukan untuk membina nasionalisme Indonesia :

a.   Mengembangkan persamaan diantara suku-suku bangsa penghuni nusantara
b.   Mengembangka sikap toleransi
c.   Memiliki rasa senasib dan sepenanggungan diantara sesama bangsa Indonesia

Empat hal yang harus kita hidari ndalam memupuk sermangat nasionalisme adalah :

a.   Sukuisme, menganggap msuku bangsa sendiri paling baik.
b.   Chauvinisme, mengganggap bangsa sendiriu paling unggul.
c.   Ektrimisme, sikap mempertahankan pendirian dengan berbagai cara kalau perlu dengan kekerasan dan senjata.
d.   Provinsialisme, sikap selalu berkutat dengan provinsi atau daerah sendiri.

Sikap patriotisme bangsa indonesia telah dimulai sejak jaman penjajahan, dengan banyaknya pahlawan pahlawan yang gugur dalam rangka mengusir penjajah seperti Sultan Hasanudin dari Makasar, Pangeran Diponogoro dari Jawa tengah, Cut Nyak Dien Tengku Umar dari Aceh dll. Sikap patriotis memuncak setelah proklamasi kemerdekaan pada periode perjuangan fisik antara tahun 1945 sampai 1949 yaitu periode mempertahankan negara dari keinginan Belanda untuk kembali menjajah Indonesia.

Sikap patriotisma adalah sikap sudi berkorban segala-galanya termasuk nyawa sekalipun untuk mempertahankan dan kejayaan negara. Ciri-ciri patriotisme adalah:

a.   Cinta tanah air.
b.   Rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara.
c.   Menempatkan persatuan dan kesatuan bangsa di atas kepentingan pribadi dan golongan.
d.   Berjiwa pembaharu.
e.   Tidak kenal menyerah dan putus asa.

Implementasi sikap patriotisme dalam kehidupan sehari hari :

a. Dalam kehidupan keluarga ; Menyaksikan film perjuangan, Membaca buku bertema perjuangan, dan Mengibarkan bendera merah putih pada hari-hari tertentu.

b.   Dalam kehidupan sekolah ; Melaksanakan upacara bendera, mengkaitkan materi pelajaran dengan nilaiu-nilai perjuangan, belajar dengan sungguh-sungguh untuk kemajuan.

c. Dalam kehidupan masyarakat ; Mengembangkan sikap kesetiakawanan sosial di lingkungannya, Memelihara kerukunan diantara sesama warga.

d.   Dalam kehidupan berbangsa ; Meningkatkan persatuan dan kesatuan, Melaksanakan Pancasila dan UUD 1945, Mendukung kebijakan pemerintah, Mengembangkan kegiatann usaha produktif, Mencintai dan memakai produk dalam negeri, Mematuhi peraturan hukum, Tidak main hakim sendiri, Menghormati, dan menjungjung tinggi supremasi hukum, Menjaga kelestarian lingkungan.

Salam SPENSAGA "Iam Possible"





Comments

  1. Murid mohon bimbingannya, Semoga murid bisa jadi orang yg berguna bagi Nusa dan Bangsa.

    ReplyDelete
  2. Nama:Kevin raditya pratama ramadhan
    No:Z-075

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. NAMA:Nauval Mauridhony Syaifullah
    NO. :052
    SALAM SPENSAGA "IAM POSSIBLE"

    ReplyDelete
  5. Nama:NARA ATHALLAH AL FIRAS
    No:080

    ReplyDelete
  6. Nama:Ramadana Hidayatullah
    No:082

    ReplyDelete
  7. Nama:Ramadana Hidayatullah
    No:082

    ReplyDelete
  8. Nama:Ramadana Hidayatullah
    No:082

    ReplyDelete
  9. Nama : Mohammad Sobrun Jamil
    No peserta : 078

    ReplyDelete
  10. Nama: keno rizky ramdhani
    Nomer: z-017

    ReplyDelete
  11. Nama: Rayhan Naendra Faisal Putra
    Nomer: Z-083

    ReplyDelete
  12. Nama : Moch Rizki Zulfiadi
    No: 077

    ReplyDelete
  13. Nama: Moh Farhat aldyba akbar
    Nomer: z-004

    ReplyDelete
  14. nama mohammad shohebun nabil
    no.006

    ReplyDelete
  15. Nama Rama
    No. 065
    Menurut saya anak remaja sekarang lebih mementingkan diri sendiri dari pada kecintaan nya kepada negaranya

    ReplyDelete
  16. Nama:Roihanul Firdausyah
    No:013
    Salam Spensaga "IAM POSIBBLE"

    ReplyDelete
  17. Dewi Adelia
    03

    Kesadaran Berbangsa dan bernegara merupakan salah satu cara untuk menghindarkan kita jatuh dalam keterpurukan sehingga kita tidak terhindar dari perilaku yang tidak baik.

    Salam SPENSAGA
    "Iam Possible"

    ReplyDelete
  18. NAMA : FAHRIEL RAMZI BADILLAH SYAFA
    NO :066

    ReplyDelete
  19. Nama: Ahmat ainul yaqin
    No: 2040

    ReplyDelete
  20. Nama : Sarifa Rodiyah
    No peserta : 041
    Kita sebagai generasi bangsa harus punya kesadaran berbangsa dan bernegara. Kita harus menjaga ajaran leluhur, menjaga moral. Mempunyai jiwa nasionalisme agar bangsa Indonesia terus makmur.
    #SALAMSPENSAGA"IAM POSSIBLE"

    ReplyDelete
  21. Nama:Nurul Lailatul rohmania
    No:018

    ReplyDelete
  22. Nama: hikmatul Laily agustin
    No:A 001
    Kesimpulan
    Kesadaran berbangsa dan bernegara itu sangat penting untuk menjaga negara kita dari pertikaian antara negara yang lain caranya dengan menjaga perasatuan dan kesatuan antar individu dan negara, menganggap perbedaan sebagai persamaan
    Salam SPENSAGA"Iam possible"

    ReplyDelete
  23. Kesadaran berbangsa dan bernegara menjadi modal besar bagi kita generasi muda yang akan menjadi penerus bangsa
    -Muhammad Yusron/016-

    ReplyDelete
  24. Nama:Naura ayu shabira Hermanto
    No:Z-022
    Kita harus sadar bahwa berada di tempat yang memiliki bahasa, agama, budaya, dan sejarah yang sama dan mempunyai aturan-aturan baik

    ReplyDelete
  25. Nama:Roy Hansah oktaviano
    No:085

    ReplyDelete
  26. Nama : Prima Juliansyah
    No : 006
    Semoga Bangsa dan Negara kita tetap dlm Persatuan dan Kesatuan.
    Majulah Indonesiaku.

    ReplyDelete
  27. Nama : Rayhan Sujadmiko
    No : 084

    ReplyDelete
  28. Nama : Zaki Hasbiyalloh Arroihan
    No : 014
    Kesadaran berbangsa dan bernegara sangat penting bagi kita agar kita dapat menjaga persatuan dan kesatuan negara kita serta menjadikan kita sebagai pemuda penerus bangsa

    ReplyDelete
  29. Nama:Naila Izzati
    No:A 007
    Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara kita harus menghargai perjuangan pahlawan kita
    Dan kita harus semangat dalam kehidupan sehari-hari
    Dan jagalah kebersihan agar tidak terjadi bencana alam
    #Spensaga I'am Possible

    ReplyDelete
  30. Nama : Prima Juliansyah
    No : 006
    Semoga Bangsa dan Negara kita tetap dalam Persatuan dan Kesatuan.
    Majulah Indonesiaku.

    ReplyDelete
  31. Nama.farah alisya mumtaz
    No.044
    Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara harus ada toleransi dan saling menghargai agar tetap damai dan aman menghargai sesama sangat penting karna belum tentu diri sendiri lebih benar dari orang lain

    ReplyDelete
  32. Nama.FARAH ALISYA MUMTAZ
    NO.044
    dalam kehidupan berbangsa dan bernegara harus ada toleransi dan saling menghargai karna hidup itu juga butuh bantuan orang /tetangga kita tidak bisa hidup sendiri seperti pepatah "apabila mata kita di masuki debu apakah bisa kita meniup sendiri?..tidak kan!"itu lah contohnya bahwa kita membutuhkan toleransi agar bisa saling membantu dan bekerja sama

    ReplyDelete
  33. Nayla Safinatin Najah
    Z011

    Kesimpulan:
    Apabila kita mengajarkan dan melaksanakan apa yang menjadi faktor-faktor pendukung kesadaran berbangsa dan bernegara sejak dini yakni dengan mengembalikan sosialisasi pendidikan kewarganegaraan di sekolah-sekolah,keluarga dan masyarakat niscaya akan terwujud

    #Salam SPENSAGA
    I'm Possible

    ReplyDelete
  34. Semoga bangsa dan negara kita bisa terus maju dan makmur.
    Majulah INDONESIA🇮🇩

    ReplyDelete
  35. Nama : Faizal Muharram
    No : 0002
    Dengan siswa belajar materi berbangsa & bernegara, akan semakin meningkatkan rasa cinta tanah air.

    ReplyDelete
  36. Nama:moh tri aditya farel tc
    No005ODengan siswa belajar materi Berbangsa&bernegara, Kan semakin meningkatkan
    Rasa cinta donisia majuu

    ReplyDelete
  37. NAMA: FARAHATUL LAILA
    NO: 058
    dengan adanya siswa belajar tentang materi berbangsa dan bernegara akan semakin tumbuhnya rasa cinta tanah air
    #Iam possible"

    ReplyDelete
  38. Nama : wardatun ula
    No: Z-086

    ReplyDelete

Post a Comment